QPE

QPE

Minggu, 21 Juli 2013

Makhluk Tuhan yang Membahagiakan

     Hey y'all! ^^

          Kali ini mau cerita tentang makhluk tuhan yang membahagiakan makhluk tuhan lainnya. Ya, hubungan antara manusia dengan fauna atau manusia dengan flora. Dan ini kisah nyata yang saya alami sendiri. Tapi hubungan dengan fauna sih, karena saya kurang begitu mahir merawat flora (iya dulu punya tanaman kaktus, terus mati aja gitu. Huhuu).

          Fauna apa ya yang saya pelihara?
Harimau Benggala? Flying Snake? Bat Fish? Sugar Glider? Siberian Husky? Kucing Hutan?

Dan jawabannya adalah (apaaa?!) TEPAT! Burung hantu jenis celepuk (Javan Scops Owl). Sebenarnya saya pernah memelihara empat ekor celepuk, tapi sekarang tinggal dua. Kenapa bisa begitu? Lain kali deh saya ceritain (biar ada bahan nge-blog :p).

          Jujur, belum pernah nih melihara burung secara personal gini *ciyee* :)) Justru karena ini kali pertama, jadi saya banyak banget baca-baca artikel atau forum diskusi tentang seluk-beluk celepuk *kalimat yang ber-rima ya :D* Lama-lama saya mulai memahami bagaimana menjadikan celepuk ini sebagai partner, bukan sebagai peliharaan lucu-lucuan. Dan ini butuh sebuah komitmen, iya, semacam komitmen antara dua insan yang memutuskan untuk menikah *clearing throat* :))

          Celepuk yang saya punya adalah Minyo dan Pinyo. Minyo, agak cranky anaknya, ga mau diganggu sedikitpun kalo udah ngantuk *kayak saya banget :p* dan Pinyo, anaknya cheerful banget, gemesan dan suka rempong sendiri gitu *kayak saya juga deh :p*. Saya mendapatkan mereka dari Pasar Burung di Jalan Peta, Bandung. Minyo saya yang jemput sendiri, dan kata abangnya, doi jantan. Lalu ibu saya berinisiatif untuk mendapatkan pasangan Minyo, ya, Pinyo itu betina. Oya, ibu+abang+ade saya yang jemput Pinyo.



         Ikut menyaksikan tumbuh kembang Minyo+Pinyo tuh seru banget deh. Dari mulai rontok bulu halus, tumbuh bulu baru, muncul motif bulu, sayap yang sempurna, sampai bisa terbang. Dari yang makannya ulet hongkong sampe jangkrik. Dari yang suaranya cempreng banget, sampai sekarang suaranya agak bariton *ga deng, ya ga cempreng lagi gitu :))*. Dari yang nemenin mereka sunbathing, bersenda gurau, bersihin *maaf* kotorannya, sampai *maaf* di-eek-in juga pernah. Mereka kayak udah nyampur sama kehidupan manusia di rumah. Kalo lagi nonton TV, kayak yang ikut merhatiin nonton. Terus kalo denger musik yang ear-catchy gitu, mereka kayak ikutan joget, ya padahal emang kelakuan mereka aja emang begitu. Mereka kan suka gerak-gerak lucu kayak Tina Toon di klip Bolo-Bolo ^^





          Mereka punya beberapa basecamp gitu buat tidur atau nongkrong. Ya, jadi mereka ga disangkarin. Mereka bebas terbang kemana aja dan diem di mana aja. Seringnya sih di rak sepatu, kadang di tempat koran rotan, di atas lemari, dsb. Mereka juga sering lho nginep di kamar saya *gaya banget nih burung demen sleepover :D*. Tapi ya itu, risikonya adalah, poo's everywhere. Mereka kalo mau ber-ekskresi ya gitu, lugas aja, to the point, tanpa ngeden lama apalagi sambil maenin iphone *lha*, voila! Eek-lah mereka di manapun mereka hinggap. Saya sih masih nunggu orang-orang Jepang atau siapapun yang menemukan diapers/pampers khusus burung *oke, ini terdengar tidak ber-pri-keburungan :))*

          Maka dari itu, udah beberapa hari ini, mereka pindah gitu ke sebuah ruangan berpintu di lantai dua. Kebetulan ruangan itu belum dipasang lampu baru, jadi ya gelap gitu, kesukaan mereka banget kan :) Jadi, malam hari mereka di situ, terserah deh mereka di sana mau ngapain. Ga banyak barang-barang juga. Ada tempat gantungan baju yang udah ga dipake, jadi mereka bertengger di situ. Ada kipas angin rusak juga, bertengger lah sesuka mereka. Alasnya ada karpet yang dilapisi koran. Jadi kotoran mereka itu terpusat di situ. Dan ini memudahkan saya untuk membersihkannya.

          Kalo pagi, kan mereka berjemur bentar. Terus siang-sore mereka bobok. Dan sore menuju maghrib ke malem, mereka baru centil-centil gitu. Naaah. Rasanya tuh kangen banget. Selama berbulan-bulan ini kan kalo malem mereka ada di lantai satu atau nginep di kamar saya, tapi sekarang mereka di lantai atas. Kangen maen-maen gitu, kangen ngeliat mereka loncat dan terbang-terbang. Makanya, tadi sekitar pukul 22.00 saya manggil-manggil mereka dari bawah tangga *manggil celepuk gimana hayo?* :D Ya saya panggil aja: "Minyoooo~ Pinyoo~~ Ck-ck-ck-ck-ck.." kurang lebih gitu deh. TAK DINYANA! Minyo nyaut gitu, bunyi-bunyi gitu, bunyinya susah nih saya deskripsikan. Kalo di-onomatope-kan juga sukar nih. Hehe. Ya kira-kira nyautnya kayak: "Prrrrt...Prrrt...Huuu~ Huuu~" gitu deh :D

          Aaah, langsung aja saya bawa lilin yang menyala. Terus begitu saya buka pintu, wah, mereka kayak yang girang gitu liat saya ^^ Karena jam-jam segini kan mereka melek ya, mereka beraktivitas gitu. Minyo langsung saya suruh hinggap di lengan saya, terus kami 'ngobrol-ngobrol' gitu. Ga lama, Pinyo langsung bertengger di kepala saya. Hahaha, ni anak emang begitu. Demen banget nangkring di kepala, terus ngacak-ngacak sambil jambakinn rambut. Kadang sambil jerit gitu, jerit kegemesan :"D Ya kami seneng-seneng aja, quality time gitu. Hihihi. It sounds crazy but it's true. Mereka juga kayak kucing lho, suka dielusin! :)) Apalagi Minyo tuh, walau suka agak cranky, dia paling seneng dielusin di area kepala dan leher. Bahkan kita baru mendekatkan jemari kita aja, dia udah nunduk, kayak ngasih penghormatan ke Duchess of Cambridge gitu *oke, saya adalah Qate Middleton :))* Kalo Pinyo mah ga gitu suka dielus.



          Mengenai komunikasi, ya melalui media suara dan gerak tubuh aja kali ya. Bahasa kami berbeda *ya iyalah* :)). Makanya kadang saya ingin ketemu Nabi Sulaiman AS. Beliau kan salah satu mukjizatnya adalah dapat berkomunikasi dengan hewan. Super-keren! ^^ Jadi saya ingin Nabi Sulaiman AS menjadi penerjemah antara saya dan Minyo+Pinyo :D Buat saya, kami kadang kayak yang saling ngerti aja. Ajaib ya. Dengan bahasa yang sama sekali berbeda, yang penuh akan kesalahpahaman, justru merasa saling mengerti. Coba dengan manusia, sama-sama saling mengerti bahasanya, tapi sering banget salah paham dan penyimpangan interpretasi. Belum lagi ada aspek nuansa, pragmatis, tata bahasa dan sebagainya. Rumit :D

          Dari mereka, saya belajar bagaimana menyayangi makhluk tuhan. Sayang itu berarti membuat sebuah kenyamanan. Mereka saya minta untuk tinggal di rumah (kan habitatnya di alam bebas) dengan konsekuensi saya harus tetap membuat mereka nyaman dan ga kehilangan jati diri mereka sebagai seekor hewan *duileh* :) Kalau udah dewasa, mereka harus dilepaskan lagi bahkan biarkan mereka kabur dengan sendirinya. Ini pasti menyedihkan untuk saya, awalnya, tapi ini kan demi kebaikan semua.

          Tapi saya tetep sayang manusia ga?
Iya lah. Menyayangi sesama manusia kan rasanya udah pada khatam ya semua. Hehehe. Ya kadang itu aja sih, karena sesama manusia, malah jadi rumit hubungannya.

          Baiklah, ini sepertinya tulisan terpanjang di tahun ini pada blog saya :D
Sayangilah semua yang ada di bumi! ^^


Salam,
Qatrinnadya - partner Minyo & Pinyo.
       

       

2 komentar:

  1. Aaaaaaa!! minyo & pinyo kangeeeen!!emang lucu banget sih mereka,sering banget seakan mereka tuh ngerti dan bisa komunikasi sama kita ya :D tp siapa tau emang mereka ngerti loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo sini tengokin dua bocah kocak ini ^^ Iya, ya.. Siapa tau emang ngerti. Ingin deh bisa komunikasi langsung dengan mereka. Ilmuwan ayo doooong, temukan sesuatu! :D

      Hapus

Silakan santun ber-komentar!